Siapkan peralatan tempur sebelum bertempur, dan guru juga harus menyiapkan alat pembelajaran yang berguna untuk memfasilitasi proses pembelajaran. Alat pembelajaran apa yang harus dikembangkan?
Silabus
Toolkit ini memuat standar kompetensi dan kompetensi inti yang ingin dicapai, dan pencapaiannya diukur berdasarkan indikator pencapaian. Silabus dianggap sebagai ringkasan kurikulum karena memuat tujuan pencapaian, media, dll.
RPP
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah langkah-langkah yang harus dilakukan seorang guru agar dapat memberikan layanan kepada siswa. Perencanaan yang dirancang meliputi bentuk, metode, implementasi, evaluasi dan alat evaluasi.
Prota
Program tahunan atau Prota adalah batasan fisik yang harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan dengan jelas dalam jadwal program tahunan. PROTA berisi pendistribusian materi selama satu tahun akademik terdiri dari dua semester, PROTA dibentuk dari program semester.
Promes
Program semester atau PN adalah uraian pembagian materi untuk satu semester berdasarkan SK dan KD yang dirumuskan dalam standar isi.
Buku Absen
Buku ini berisi sejumlah nama siswa di kelas yang sedang kita bangun. Buku ini digunakan untuk mengontrol kehadiran siswa.
Buku Jurnal
Buku ini berisi beberapa catatan tentang menilai perilaku siswa selama proses pembelajaran, mulai dari kedisiplinan, tanggung jawab, kerjasama, dll.
Buku penilaian
Buku ini digunakan untuk menyimpan data-data hasil evaluasi terhadap peserta didik.
Bundel portofolio
Tugas yang diselesaikan siswa dikelompokkan ke dalam satu paket, dan biasanya digabungkan ke dalam kelas dan bahkan secara individu. Tujuannya untuk mengetahui perkembangan kompetensi siswa, dan perubahan yang terjadi pada siswa dapat diukur terhadap penerimaan materi yang disajikan sehingga memudahkan guru dalam menentukan model dan metode apa yang harus disajikan.Melalui paket ini guru dapat menyimpulkan belajar sukses di kelasnya.
Bank Soal
Ini adalah buku yang berisi kumpulan dari sejumlah soal yang akan diberikan kepada peserta didik.
Media
Dalam memberikan pembelajaran, media merupakan faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Berkenaan dengan media, diperlukan inovasi dan kreativitas bagi guru untuk mengidentifikasi media yang dibutuhkan terkait dengan topik tertentu.
DAFTAR ISI :